GuidePedia

0
Sejarah Bustanul Arifin
 Dayah Bustanul Arifin merupakan dayah yang dibawah naungan Yayasan Darul Muttaqin yang didirikan pada tanggal 03 Agustus 2000 yang di pimpin oleh Tgk. Syarqawi Abd Shamad. Awalnya dayah Bustanul Arifin hanya memberikan pendidikan kitab klasik saja (non-Formal) akan tetapi dengan beriringnya waktu dan tuntutan dari masyarakat maka pada 2001 Dayah Terpadu Bustanul Arifin mendirikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Bustanul Arifin yang dikepalai Oleh Tgk. Saidi M. Nurdin, S.Pd, kemudian pada tahun 2004 Dayah Bustanul Arifin juga mendirikan Madrasah Aliyah dengan maksud agar santri-santriwti yang tamat dari MTs Bustanul Arifin langsung bisa melanjutkan di jenjang selanjutnya tanpa pindah sekolah dan pindah Dayah.
 
Busfin 1 dan 2
Logo Busfin 1 dan Busfin 2

Dalam perjalanan roda pendidikan pada tahun 2005 MTs dan MA kemudian mengalami perubahan nama menjadi SMP dan SMA Terpadu Bustanul Arifin. Atas dorongan dan dukungan  masyarakat Bener Meriah dan sekitarnya Dayah Bustanul Arifin agar mendirikan dan mengelola perguruan tinggi, maka pada tahun 2011 dayah Bustanul Arifin mengajukan permohonan pendirian perguruan tinggi kepada Kementerian Agama Republik Indonesia, Alhamdulillah pada tanggal 3 April 2013 dayah Bustanul Arifin disetujui dan diberi kepercayaan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk menggelola Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Bustanul Arifin Prodi Bahasa Arab dengan SK Dirjend Pendis Nomor 779 Tahun 2013.
 

Awalnya Dayah Bustanul Arifin hanya memiliki areal 1,5 Ha di Pondok Sayur (Komplek Putri Sekarang) yang pada waktu itu masih di gabung antara komplek putra dan putri, dengan bertambahnya tahun maka juga bertambah pula santri di Dayah Bustanul Arifin, maka pada tahun 2012 sudah tidak memungkinkan lagi untuk di gabung jadi satu dan di pindahkan di daerah Bale Atu (±5 Km) dari komplek putri dengan luas areal tanah 6,5 Ha.
 

Dayah Bustanul Arifin selalu melakukan kajian strategis dan penelitia untuk meningkatkan mutu pendidikan di dayah Bustanul Arifin Khususnya dan pada seluruh Dayah umumnya, Pada saat ini Dayah Bustanul Arifin memiliki 3 (tiga) Program unggulan; takhassus kutub turats, tahfidz al-qur’an dan reguler. Pada prakteknya masing-masing program memiliki keunggulan masing-masing dengan tujuan untuk menjaring minat dan bakat santri.

Post a Comment

 
Top